Translate

Tempe Kemul Dan Mendoan



Salah kaprah pengertian tempe kemul dan mendoan di anggap sama sebetulnya hamper wajar saja karna keduanya terbuat dari bahan yang sama yang membedakan hanya kulit luar atau cara penyajiangya aja.
Dari sumber wikipedia indonesia kata mendoan dianggap berasal dari bahasa Banyumasan, mendo yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Bahan makanan yang paling sering dibuat mendoan adalah tempe dan tahu.
Mendoan tempe disajikan dalam keadaan panas disertai dengan cabe rawit atau sambal kecap. Mendoan tempe dapat dijadikan sebagai lauk makan ataupun makanan ringan untuk menemani minum teh atau kopi saat santai yang penting jangan buat teman minum sake atau bir aja (gak Boleh)…hehee..
Mendoan tempe mudah ditemui di warung-warung tradisional di wilayah eks karesidenan Banyumas dan Tegal. Untuk wilayah Banyumas
Rasa yang "unik" membuat makanan ini menyebar hingga ke luar daerah Banyumas. Tempe Mendoan dapat ditemui di kota-kota besar Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jakarta.
Di kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang, Mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung, atau di daerah lain disebut tempe kemul, dimana tempe yang berbentuk tipis itu hanya irisan. Hal ini sedikit menimbulkan kerancuan, terutama bagi pendatang dari Jawa Tengah bagian barat. Mendoan purwokerto berbeda dengan mendoan dari beberapa kota di wilayah jawa tengah, lebih terasa basah minyaknya. Mendoan khas purwokerto lebih nikmat apabila di sajikan dalam keadaan hangat.
Makanan ini dapat dibuat tanpa memperhatikan besarnya tempe atau banyaknya tepung. Mendoan tanpa tempe atau mendoan dari bekas sisia tepung juga nikmat disantap.
Tempe Kemul adalah makanan ringan yang terbuat dari tempe yang digoreng dengan dibalut gandum. Kemul dalam bahasa Jawa berarti selimut. Makanan ini umumnya disuguhkan dalam keadaan panas. Di beberapa daerah, tempe kemul dikenal dengan istilah tempe mendoan, hanya saja kalau mendoan umumnya dimasak dalam keadaan setengah matang.







Di Wonosobo, tempe kemul banyak dijual di kaki lima, seperti misalnya bakso atau mi ongklok tetapi kadang-kadang juga dijual tersendiri. Makanan ini sangat digemari masyarakat Wonosobo termasuk juga turis, baik mancanegara atau domestik. Tempe kemul juga termasuk makanan favorit bagi bangsa Indonesia.
Jadi singkatnya bahwa mwndoan itu tempe atau tahu yang di goreg dengan dengan minyak setengah matang sedangkan tempe kemul adalah yang di goreng kering....

31 komentar:

  1. saya sih nggak ngerti soal makanan gini. malah nggak tahu kalau ada perbedaan antara makanan tempe ini. tapi itu setengah matang emang enak ya makan setengah matang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tempe yang setengah matang malahan enak... coba aja klo belum pernah di jamin dah.. makasih ya dah berkunjung..

      Hapus
  2. mendoa,, asalnya dari banyumas kan mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas... tapi sayangnya nama mendoan udah jadi hak paten perorangan .. cari aja di google.

      Hapus
  3. anda cukup kreatif mas, saya senang sekali melihat orang kreatif seperti ini.

    selamat sore

    BalasHapus
  4. Di Pekanbaru semua disebut tempe goreng aja mas, gak tau tempe mendoan ataupun tempe kemul. Lagipula semuanya terasa begitu nikmat bila disantap sore hari sambil bersantai. Yoii gak :))

    BalasHapus
  5. saya suka artikel yang ada di blog ini, apalagi tentang wonosobo, selain gunung pru nya yang keren ternyata kulinernya juga top abis ya, kren banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjunganya... tapi saya masih amatiran dalam hal tulismenulis...

      Hapus
  6. Berita kuliner asyik seperti ini nih yang banyak dicari traveler :D Simak juga berita hari ini Sindonews yang banyak menyajikan update terbaru di segala topik, termasuk travelling dan teknologi. Terima kasih :D

    BalasHapus
  7. wahhh yuk beli lantai vinyl di rgvinyl

    BalasHapus
  8. apapun namanya tempe itu lauk paling enak dan sehat

    BalasHapus
  9. iya kadang memang terjadi kerancuan penyebutan nama makanan di beberapa daerah

    BalasHapus
  10. saya belum makan siang ni ...ehmmm .. jadi ngiler liat makanananya.

    BalasHapus

Teman