Translate

Gunung Prau Di Wonosobo

Saya Sebagai blogger wonosobo kurang afdol kayaknya kalo gak cerita tentang daerah saya sendiri . kali ini mungkin sudah pada tau tempat yang lumayan indah dan istimewa bagi sebagian penikmat alam bebas, yap apa lagi kalo bukan gunung prau.
Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang terletak di Dataran Tinggi Dieng yang merupakan daerah pegunungan Wonosobo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal. Gunung yang masuk dalam salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia ini berada di ketinggian 2565 dpl.
Karena bentuk gunung ini memanjang, jadi secara administratif Gunung Prau yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini meliputi wilayah Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal.




Gunung ini dapat ditempuh melalui beberapa Jalur Alternatif Pendakian. Lewat Jalur utara, bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan kurang lebih 6 Jam menurut info yang saya dapat,(hehehe... karna saya blom pernah)

Alternatif lain jalur pendakian bisa dilakukan melalui Jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Jalur inirelatif lebih singkat, hanya sekitar 2-3 Jam perjalanan yang jalurnya lumayan terjal.
Emang sih jalur pendakian di gunung prau gak begitu melelahkan bahkan untuk pendaki pemula sangat di anjurkan karna trek yang kita tempuh begitu singkat. mungkin bagi sobat yang kebetulan maen atau pengen di anter ke gunung prau bisa hubungi saya di sini dan kalo pas kebetulan saya gak ada kegiatan lain bisa tak anter ke sana. gunung prau sendiri masih tergolong perbukitan .
mengenai trek yang singkat lewat patak banteng saya sendiri pernah membuktikan sendiri brangkat dari desa saya menuju patak banteng sekitaran pusetengah 2 pagi sampai patak bantengnya pukul setengah tiga dan berangkat menuju prau pukul 3 pagi kita masih punya banyak waktu untuk menikmati dinginya angin dan matahari terbit.







62 komentar:

  1. saya suka lihat latar pemandangannya mas
    wew, pagi banget. maih ngantuk itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini di ambil pas pagi0pagi banget sekitaran jam 5 an..

      Hapus
    2. ehh ya itu, pagi banget. masih enak tidur itu

      Hapus
  2. wah itu fotonya keren ya, saat gelap sudah menyelimuti alam suasananya jadi terkesan eksotis

    BalasHapus
  3. Wah keren, saya udah lama nggak naik bukit (di tempat saya cuma ada bukit hehehe), nggak tau masih kuat apa nggak sampai ke puncak... maklum, sekarang sudah semakin melebar...

    BalasHapus
  4. Wuah, pengen banget nyobain naik ke Prau. Waktu kemarin ke Wonosobo, cuma mampirke Dieng sama beok dikit e Banjarnegara nengokin candi. Kapan-kapan doain aku bisa ke sana ya, tapi apa aku sanggup ya? Jarang olahraga banget dan doyan eungap kalo jalan-jalan mendaki gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maen lagi... prau treck nya gak berat2 amat kok..

      Hapus
    2. wehh mantab donk mas kalo gk berat praunya :3 tk kirain berat :D

      Hapus
  5. Biasanya kalau suasana pemandangan pagi gitu, banyak embun. Jadi seger gitu~

    BalasHapus
  6. emang sih temen-temen gue juga bilang kalo buat pemula gitu, Gunung Prau paling cook.

    Kapan kapan kalo gue kesana, jadi tour guidenya yaa

    BalasHapus
  7. Wahh wonosobo. Kita tetanggaan donk. Aku Banjarnegara. Meskipun deket aku belum pernah ke gunung prau. Kapan-kapan mampir ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus mampir... banjarnegara juga punya yang mantap.. gunung selamet kan..

      Hapus
  8. wow wonosobo ya, keren banget belum pernah saya kesana, dan kalau lihat fotonya kyk di surga ya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... coba deh sesekali ke mari gak rugi kok..hehehe

      Hapus
  9. Fotonya hitam gitu tapi bagus hehehe
    Jujur aku baru tahu lho kalau ada gunung Prau di Wonosobo. Semoga gunung ini makin terkenal yaa dan banyak yg datang ke sana, tpi tdk utk merusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang juga udah banyak yang naik ke prau dari bebagai daerah.. makasih ya dan amin doanya..

      Hapus
  10. untuk pemula ngga terlalu berat kan ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunung prau untuk pemula sangat di anjurkan heheehe..

      Hapus
  11. Anjir bagus banget bang... Kapan2 gue kesana lah bang, gue harap lo nanti ada di sana untuk menemani gue bang.. Halah..

    Pagi bgt yah brngkatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap... kalo gw lagi senggang siap memandu...hehehe

      Hapus
  12. Saya gak begitu hobi mendaki gunung sih mas, saya lebih suka main-main dipantai. Karena di Pekanbaru jauh dari pantai ya belum pernah juga ke pantai :D

    Tapi lain kali bisalah saya cobain mendaki gunung. Biar merasakan alam. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pantai juga salah satu tempat faforit saya... apa lagi kalo pas tengah malem anginya bikin merinding sekaligus ketagihan...tapi kalo nginep di pantai peralatanya harus komplit ..

      Hapus
    2. Kalo mau outdoor kan memang harus komplit semua mas.

      Hapus
    3. mantep emang klo outdorr ;)

      Hapus
  13. pernah denger dari beberapa temen yang udah pernah naik ke sana, katanya viewnya keren, jadi pengen ke sana juga :)
    nice artikel gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. recomended deh... kalo masalah view gak ada tandinganya... keren..

      Hapus
  14. Yeay! sunriseeeeeeee!!! saya salah satu penggemar ciptaan Tuhan ini... sunrise dan sunset sama kerennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi penikmat sunrise dateng ke pegunungan adalah pilihan paling tepat...

      Hapus
  15. masih jarang kedengeran gunungnya... tapi ya waw ya.. jam 2 pagi ya

    BalasHapus
  16. lebih tepatnya bukan desa kenjuran. tapi dusun kenjuran. dusun kenjuran, desa purwosari, kecamatan sukorejo, kabupaten kendal.

    BalasHapus
  17. Munggah sepisan, tekan nduwur langsung keno badai, ndilalah

    BalasHapus
  18. pas banget saya juga nnt ingin ke prau. jadi dapat info karema buka blog ini.
    oh iya saling follow blog yok

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jangan bulan januari sampe april ke praunya ... biasanya tutup.. boleh saling follow.. tinggal follback aja..

      Hapus
  19. Nice Bro, ditunggu ulasan tentang wisatanya ya

    BalasHapus
  20. wah itu fotonya keren, pasti dingin dan menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayang dingin... kalo jalan2 pasti asik .. ayo kalo mau..

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. akuuu pingin ke situ tapi kagak bisaa

    BalasHapus
  23. untuk pemula ngga terlalu berat kan ya ??

    BalasHapus
  24. lha kok sue tenan artikele rung mbok tambah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorri mas bro lagi keliling indonesia dulu jadi blom sempet update..

      Hapus
  25. jadi Volenteer dong bang :3 tuntun aku ke gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan ke gunng ke plaminan aja kalo yang masih sigle juga siap..hehehe

      Hapus
  26. gambar sunsheet nya nggak ada ni mas ... kayaknya sayang nggak diabadikan moment sunshet nya ...:)

    BalasHapus

Teman